Parkir dan PKL Bikin Macet Kota Tebingtinggi

Sumber: hariansumutpos.com, 26 January, 2013

Penataan parkir di beberapa ruas jalan inti Kota Tebing Tinggi masih semrawutan. Seperti Jalan Iskandar Muda, Jalan Patimura, Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani. Sejumlah kendaraan yang parkir di empat jalan tersebut kelihatan tidak tertata. Dampaknya, ruang jalan semakin sempit sehingga menimbulkan kemacetan.

Kota Tebing Tinggi Macet !

Kota Tebing Tinggi Macet !

“Hampir setiap hari kondisi di Jalan Iskandar Muda Kota Tebingtinggi macet, bagaimana tidak, wong kendaraan parkir sembarang tempat,” keluh Rusli (45) sopir pribadi kepada Sumut Pos, Jumat (25/1).

Kondisi itu kata Rusli, diperparah dengan sejumlah penarik becak bermotor (betor) yang juga parkir sembarang tempat, tanpa memperdulikan rambu-rambu dan marka jalan. Kemacetan yang ditimbulkannya itu, menurut Rusdi lagi diperparah dengan tidak adanya satu pun petugas baik Dinas Perhubungan (Dishub) dan kepolisian di sekitar lokasi itu.

Malah juru parkir (jukir) yang mengatur kendaraan di sekitar Jalan Iskandar Muda terkesan membiarkan pemilik mobil memarkirkan kendaraannya di badan jalan tanpa memperdulikan arus lalulintas yang datang dari dua arah.

“Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat mengharapkan kerjasama yang baik antara Pemko Tebing Tinggi dengan kepolisian, hendaknya petugas parkir mendapatkan pelatihan sebelum menjadi juru parkir (jukir),” tukasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) melalui Kepala Perpakiran Kota Tebingtinggi Risman mengatakan pihaknya selalu tetap melakukan pengawasan di lapangan dalam mengatur arus lalulintas. Menurutnya, penyebab kemacetan di Jalan Iskandar Muda Kota Tebing Tinggi itu karena badan jalan yang sempit ditambah banyaknya sopir angkot membandel sengaja memakirkan angkotnya ditengah jalan.

“Kami selalu melakukan pengawasan, memang sopir angkot susah untuk ditertibkan sehingga juga menyebabkan dampak parkir tidak tertata rapi, begitu juga dengan perbetor,” ungkap Risman.

Masih di tempat yang sama tepatnya di Jalan Iskandar Muda Kota Tebing Tinggi tepatnya dekat Pasar Gambir, amatan Sumut Pos di lokasi melihat para pedagang kaki lima (PKL) sengaja menggelar dagangan di tengah badan jalan. Lebar jalan yang sebelumnya mencapai enam meter hanya tersisa berkisar dua meter sehingga susah dilewati.

Bukan itu saja, karena membandelnya para pedagang, tak pelak jalan tersebut setiap hari juga mengalami kemacetan karena payung para pedagang menembus dua sisi jalan. Selain jalan Iskandar Muda, terparah Jalan Pemuda Pejuang yang membentang Pasar Gambir total tidak bisa dilewati hanya untuk pejalan kaki saja.

Sulaiman (53) pedagang bumbu mengatakan sebenarnya karena tidak ada kekompakan di antara pedagang sehingga pedagang tidak mau menggelar dagangannya di dalam pasar yang telah dibangun Pemko Tebing Tinggi dengan bagunan megah tiga lantai. “Sayang bagunan pasar yang sudah menghabiskan uang miliran rupiah tidak ditempati pedagang,”ujarnya.

Masih menurut Sulaiman, memang Pasar Gambir di Tebing Tinggi paling jorok dan semrawut, semua pedagang mulai dari pedagang sayur dan ikan mengelar dagangannya di badan jalan.

“Kalau pedagang kompak dan mau ditempatkan kedalam bangunan los, kemungkinan Pasar Gambir bisa tertata dengan baik. Kalau sekarang ini memang cukup semrawutlah. Kebijakan Pemko Tebing Tinggi untuk mengatur pedagang sangat diharapkan,”bilangnya.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Parkir dan PKL Bikin Macet Kota Tebingtinggi

  1. Keadaan macet di sana bisa lama tuh. Akan bangun jalan layang? Dimana dan uangnya dari mana ya? Relokasi juga cenderung tidak efektif.

    Dua alternatif yg mungkin: hanya bangun kesadaran dan rekayasa lalu lintas ya

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s