Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Tebing Tinggi

Hasil_Audit_BPK_KotaTebingTinggi.WordPress.comBagaimanakah kinerja pengelolaan keuangan daerah di Kota Tebing Tinggi? Penilaian prestasi (kinerja) pengelolaan keuangan daerah di Kota Tebing Tinggi harus didasarkan pada asas umum pengelolaan keuangan daerah, yaitu:

Keuangan daerah dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

Penilaian tertinggi diberikan pada aspek “manfaat untuk masyarakat”, yaitu: bahwa keuangan daerah diutamakan untuk: pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan atau mengurangi permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam upayanya untuk secara mandiri dan berkelanjutan meningkatkan taraf kesejahteraannya.

Namun demikian, penilaian berdasarkan aspek kemanfaatan tersebut memerlukan kajian yang komprehensif berdasarkan data dan informasi dalam jangka waktu yang relatif panjang.

Untuk jangka pendek, penilaian kinerja pengelolaan keuangan daerah secara langsung dapat dilihat dari opini (kesimpulan) pemeriksa dari hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Daerah. Walaupun tidak lengkap, penilaian berdasarkan opini (kesimpulan) tersebut dapat menjadi proksi tentang kinerja pengelolaan keuangan daerah Kota Tebing Tinggi.

Karena bila telah memenuhi kualifikasi terbaik dari pemeriksaan, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa persyaratan-persyaratan dasar untuk meningkatkan kemanfaatan pengelolaan keuangan daerah bagi masyarakat sudah ada.

Opini BPK LKPD KotaTebingTinggi.WordPress.com

Opini BPK LKPD Kota Tebing Tinggi. Sumber: “IHPS II Tahun 2011”, BPK, 2012

Dari tabel di atas terlihat bahwa Opini BPK terhadap LKPD Kota Tebing Tinggi telah berada pada kualifikasi WDP (Wajar Dengan Pengecualian), kecuali di tahun 2006. WDP masih lebih baik daripada TW (Tidak Wajar) atau TMP (Tidak Memberikan Pendapat). Secara sepintas, kondisi seperti itu dapat dinilai lebih baik dari kondisi umum di lingkungan Provinsi Sumatera Utara; perhatikan perbedaan kualifikasinya di tahun 2007 pada baris terakhir di tabel di atas.

Tetapi, kualifikasi WDP masih lebih rendah daripada WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Sehingga Kota Tebing Tinggi belum dapat berpuas diri dengan kualifikasi WDP tersebut, tetapi harus berhasil mencapai kualifikasi WTP.

Selain itu, bila dibandingkan dengan Daerah lain di Lingkup Provinsi Sumatera Utara, nampaklah bahwa kondisi di Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai masih lebih baik. Pada tabel di atas nampak bahwa opini BPK terhadap LKPD di ketiga kabupaten tersebut konsisten pada kualifikasi WDP.

Jadi, Kota Tebing Tinggi masih harus bekerja keras untuk mencapai kualifikasi WTP. Kuncinya adalah pada KEMAUAN atau KOMITMEN; where there is a will,  there is a way! Bukan hanya komitmen walikota dan wakil walikota, tetapi juga termasuk komitmen DPRD dan seluruh jajaran Kepala SKPD.

Setelah komitmen ini terbangun, langkah selanjutnya adalah memperbaiki Sistem Pengendalian Internal di semua SKPD. Karena salah satu kunci untuk menghasilkan LKPD yang berkualitas adalah adanya Sistem Pengendalian Internal.

Bagaimana dengan aspek kemanfaatan APBD Kota Tebing Tinggi untuk masyarakatnya?  Catatan kritis dari Fitra Sumut sangat baik untuk dijadikan pintu masuk dalam perbaikan orientasi pengelolaan keuangan Daerah Kota Tebing Tinggi; proporsi untuk pelayanan masyarakat harus semakin ditingkatkan.

Sumber: Kaji ringkas oleh rusmanik.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s