UMKM Tebingtinggi Harus Manfaatkan 43 Ribu Arus Kendaraan Melintas

Sumber: AnalisaDaily.com, Kamis 7 Maret 2013

Pusat_jajan_di_KotaTebingTinggi.WordPress.comSetiap hari sekitar 43 ribu arus kendaraan hilir mudik melintas kota Tebingtinggi. Jika dihitung perkendaraan ditumpangi empat orang maka jumlah warga yang masuk mencapai lebih dari 172 ribu orang per hari.

Potensi arus kendaraan dan warga itu, harus dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. Dari potensi arus barang dan orang itu, jika yang singgah dan membeli oleh-oleh di Tebingtinggi 10 persen saja, maka ada sekitar 17 ribu orang dan 4 ribu kendaraan yang mengeluarkan uang di kota ini.

Potensi ini, akan membangkitkan ekonomi kota“, ungkap Walikota Tebingtinggi H UZ Hasibuan saat meresmikan Pusat Jajanan Makanan dan Minuman UKM Tebingtinggi di Jalan Kom L Yos Sudarso Tebingtinggi, Rabu (6/3).

Dikatakannya, arus kendaraan dan warga yang masuk itu selama ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga, menimbulkan masalah bagi kota. “Selama ini arus transit itu meninggalkan debu dan jalan yang rusak, dengan keuntungan kecil bagi warga Tebingtinggi“, imbuh Umar ZH dihadapan Wakil Wali Kota H Irham Taufik Umri, unsur Muspiko Plus dan pimpinan SKPD serta pengusaha UMKM.

Upaya untuk mengambil keuntungan dari dinamika transit itu adalah dengan mempermudah pembelian souvenir kepada para pelintas. Pendirian galeri dan pusat jajanan makanan dan minuman, dimaksudkan ke arah itu. Bahkan, Pemko Tebingtinggi telah menganggarkan di APBD TA 2013 untuk membangun pusat industri kreatif berlokasi di depan Terminal Bandar Kajum.

Upaya ini untuk mendorong berkembangnya UKM, sebagai salah satu visi dan misi Pemko Tebingtinggi,” jelas H UZ Hasibuan.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM, M. Yunus Matondang SE menjelaskan, pembukaan pusat jajanan UKM menghimpun berbagai hasil kerajinan dari pengusaha mikro dan kecil. Hasil produksi UMKM akan dijual di galeri ini, dalam upaya membuka pasar untuk usaha masing masing. “Saat ini sudah bergabung 60 pengusaha UMKM, dengan berbagai produk yang siap dipasarkan“, aku Yunus Matondang.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi, Potensi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s