Jumlah Penduduk Miskin di Kota Tebing Tinggi

kemiskinan_di_KotaTebingTinggi.WordPress.comPENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT adalah kewajiban daerah, termasuk Kota Tebing Tinggi, seperti yang diamanatkan dalam Pasal 22 UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Peningkatan kesejahteraan rakyat juga menjadi Kewajiban Kepala Daerah, dalam hal ini Walikota Tebing Tinggi, seperti yang dimandatkan Pasal 27 UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, serta Kewajiban Anggota DPRD (Pasal 45 UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah).

Adanya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat dilihat dari penurunan jumlah penduduk miskin. Tetapi harus dicatat bahwa konsep kesejahteraan relatif luas, sehingga penurunan angka kemiskinan tidak identik dengan peningkatan kesejahteraan. Angka kemiskinan hanya proksi untuk menilai peningkatan kesejahteraan rakyat.

Data di bawah menunjukkan perkembangan jumlah penduduk miskin di Kota Tebing Tinggi. Dari data tersebut terlihat bahwa jumlah penduduk miskin di Kota Tebing Tinggi sudah relatif menurun. Bila di tahun 2009 jumlahnya sekitar 14,58% (20.530 jiwa), di tahun 2010 jumlahnya sudah menurun menjadi 13,06% atau 18.900 jiwa.

Jumlah_penduduk_miskin_KotaTebingTinggi.WordPress.com

Jumlah Penduduk Miskin di Kota Tebing Tinggi. Sumber: sumut.bps.go.id

Banyak hal yang harus dilakukan untuk penurunan angka kemiskinan di Kota Tebing Tinggi. Di satu sisi, data kemiskinan di atas harus dilengkapi. Tidak hanya tentang jumlah makronya atau bahkan lokasi rumah tangga miskin, tetapi lebih jauh dari itu. Harus segera diketahui informasi tentang potensi penduduk miskin untuk mampu secara mandiri keluar dari kemiskinan.

Disisi yang lain, APBD Kota Tebing Tinggi harus fokus pada: pro poor, pro job, pro growth dan pro environment; Tidak ada pilihan lain. Dalam hal ini, posisi TAPD dan DPRD Kota Tebing Tinggi sangat strategis, yaitu: harus mensinergikan seluruh kegiatan SKPD dengan situasi dan kondisi masyarakat miskin. Bukan pekerjaan yang susah jika ada kemauan. Where there is a WILL, there is a way! Maukah?

Disarikan oleh: rusmanik

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s