Analisis LKPj Kota Tebing Tinggi

LKPj Walikota Tebing Tinggi KotaTebingTinggi.WordPress.com

“Bersama, Bisa!”

Salah satu agenda strategis DPRD Kota Tebing Tinggi di bulan Maret – April 2013 ini adalah: pembahasan LKPj Walikota Tebing Tinggi untuk tahun Anggaran 2012.  Apakah tujuan dari pembahasan LKPj? Dalam PP 3 Tahun 2007 diatur bahwa pembahasan LKPj akan menghasilkan sebuah: Keputusan DPRD yang berisi rekomendasi kepada kepala daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.

Bagaimana agar rekomendasi DPRD Kota Tebing Tinggi dapat efektif meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan Kota Tebing Tinggi di masa yang akan datang? Secara umum, jawaban pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

  1. DPRD harus menyusun rekomendasi yang konstruktif (membangun).
  2. Rekomendasi yang bersifat kegiatan tindak-lanjut, segera dimasukkan dalam KUA dan PPAS Perubahan, atau KUA dan PPAS APBD tahun anggaran berikutnya.
  3. Rekomendasi strategis diformulasikan ke dalam “Program Pengawasan DPRD Kota Tebing Tinggi“.
  4. Daftar rekomendasi juga diberikan kepada komisi-komisi di DPRD, agar pelaksanaannya dapat diawasi oleh tiap komisi melalui rapat dengan SKPD yang menjadi mitranya.
  5. DPRD melakukan press realease atas substansi rekomendasi yang dihasilkannya, agar kelompok masyarakat pemerhati dapat ikut serta dalam memberikan tekanan positif pada pihak eksekutif dan juga pada pihak DPRD.
  6. Rekomendasi yang berupa pemberian penghargaan atau pemberian teguran disampaikan secara spesifik, proporsional dan sesuai dengan lingkup kewenangannya, dengan dilandasi oleh niat baik untuk perbaikan di masa yang akan datang.


Apakah ciri rekomendasi yang konstruktif (membangun)? Secara umum, ciri rekomendasi yang konstruktif adalah:

  • Diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan
  • Berorientasi pada tindakan nyata dan spesifik
  • Ditujukan pada pihak yang mempunyai wewenang untuk bertindak
  • Dapat dilaksanakan
  • Apabila dilaksanakan, biayanya memadai

Bagaimanakah bentuk ideal penyusunan dan penyajian LKPj? Penyusunan dan penyajian LKPj harus disesuaikan dengan tujuan penyusunan dan penyajian LKPj, yaitu: untuk mempermudah DPRD dalam memberikan rekomendasi strategis, yang berupa catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan/atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan, dan tugas umum pemerintahan.

Agar dari tahun ke tahun penyusunan dan penyajiannya LKPj dapat lebih sesuai dengan tujuan dasar tersebut, dan tidak diselewengkan untuk tujuan lain, kecuali tujuan dasarnya, maka DPRD Kota Tebing Tinggi dapat menyusun: peraturan daerah yang secara khusus mengatur tentang pelaporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Bagi yang akan melakukan analisis LKPj, slide berikut menjelaskan: apa yang dikaji, bagaimana mengkajinya, serta apa koridor dan tips analisis LKPj? Silahkan didownload “untuk dikembangkan lebih lanjut”. Semoga bermanfaat. MERDEKA !

Sumber: rusmanik, pada swamandiri.wordpress.com

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi, Panduan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Analisis LKPj Kota Tebing Tinggi

  1. ramli Partebing says:

    Cemana cara dprd bisa majuin kota tebingtinggi? Cuman legislatifnya, bukan eksekutif mereka itu.

  2. Justeru karena sebagai Badan Legislatif Daerah, DPRD Kota Tebing Tinggi dapat menentukan “warna” proses peningkatan kesejahteraan rakyat di Kota Tebing Tinggi.

    Fungsi DPRD sangat strategis dalam peningkatan kesejahteraan rakyat di Kota Tebing Tinggi, yaitu:
    1. Fungsi Legislasi
    2. Fungsi Budgeting, dan
    3. Fungsi Pengawasan.

    DPRD sangat bisa jadi DPRD yg trnasformatif dalam percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat di Kota Tebing Tinggi. Kuncinya adalah INOVASI KEBIJAKAN dari para anggota DPRD itu sendiri.

    Ada banyak contoh yang bisa di ATM oleh DPRD Kota Tebing Tinggi. ATM = Amati, Tiru dan Modifikasi sesuai SIKON di Kota Tebing Tinggi 😉

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s