Tata Kelola Pemerintahan di Sumut Mengalami Kemajuan

Sumber: Diedit dari beritasumut.com, Kamis, 23 Mei 2013

Perkembangan kualitas tata kelola pemerintahan di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2012-2013 mengalami kemajuan. Hal ini ditandai dengan peningkatan peringkat indeks tata kelola pemerintahannya.

Peneliti Partnership for Governance Reform (PGR) Sumut, Iswanto, dalam siaran pers yang diterima beritasumut.com di Medan, Rabu (22/5/2013) menuturkan bahwa: perkembangan tata kelola pemerintahan di Sumut mengalami kemajuan yang cukup berarti. Dari keseluruhan arena dalam tata-kelola pemerintahan, Sumut mendapatkan nilai yang tinggi pada prinsip: partisipasi, akuntabilitas dan efisiensi.

Komponen Indeks Tata Kelola Pemerintahan

Komponen Indeks Tata Kelola Pemerintahan

Pada IGI 2012-2013, Provinsi Sumut memperoleh nilai 5,92 dan berada di atas rata-rata nasional. Dengan nilai tersebut, Provinsi Sumut berada pada peringkat 12; peringkat pertama diraih oleh Provinsi DIY (6,80) sedang peringkat terbawah ditempati Provinsi Maluku Utara (4,41).

Dalam wilayah regional Pulau Sumatera, hasil IGI Sumatera Utara berada di urutan tengah (urutan 6) dari 10 provinsi. Berada di bawah Provinsi Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung dan Bangka Belitung, tetapi berada di atas Provinsi Sumatera Barat, Aceh, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Menurut Iswanto, pada IGI 2012-2013 ternyata pada aspek (arena) pemerintah nilai Indeks Tata Kelola Pemerintahan Provinsi Sumut berada di bawah rata-rata nasional, sekaligus menjadi penyumbang terendah dalam tata kelola pemerintahan di Sumut.

Dengan kata lain, aspek (arena) pemerintah memberikan kontribusi negatif terhadap hasil indeks secara keseluruhan. Rendahnya nilai indeks di aspek pemerintah ini disebabkan karena masih kecilnya anggaran pemerintah provinsi untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan penanganan kemiskinan.

Data ini menunjukkan adanya ketidaksinkronan antara isu yang diusung pemerintah ”Rakyat tidak lapar, rakyat tidak sakit, dan rakyat tidak bodoh” dengan kebijakan atau program yang dilaksanakan. “Kita tinggal menunggu apakah pemerintah provinsi ke depan mampu menerjemahkan isu pendidikan gratis sampai ke jenjang pendidikan sekolah menengah atas ke dalam kebijakan anggaran. Jika rasio anggaran pendidikan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, berarti janji pemerintah saat berkempanye itu palsu,” ujarnya.

Sementara itu Muhammad Chozin, perwakilan Partnership Jakarta mengatakan bahwa Partnership telah melakukan pengukuran tata kelola pemerintahan di seluruh provinsi di Indonesia.

Hasil IGI ini merupakan evaluasi menyeluruh terhadap dinamika tata kelola pemerintahan di tingkat provinsi pada 4 (empat) aspek (arena), yaitu: pemerintah, birokrasi, masyarakat sipil dan masyarakat ekonomi. Selanjutnya keempat arena tersebut kemudian dinilai dengan menggunakan 89 indikator yang merupakan penjabaran dari 6 prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yaitu:

  1. partisipasi,
  2. akuntabilitas,
  3. keadilan,
  4. transparansi,
  5. efisiensi, dan
  6. efektivitas.

Melalui metodologi yang ketat, kemudian hasil penilaian dituangkan pada sebuah indeks yang memungkinkan perbandingan antar provinsi.

Pada level internasional metode IGI telah diadopsi oleh UNDP sebagai materi dalam Panduan Pengukuran Tatakelola Pemerintahan (UNDP’s Users Guide to Measuring Local Governance). Selain itu IGI juga telah direplikasi di beberapa negara seperti Mesir, Senegal dan Afrika Selatan. (BS-003)

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s