Pemkot Tebing Tinggi Rehabilitasi Rumah Warga Miskin

Sumber: antarasumut.com, 30 Mei 2013

Aladin

Program Atap, Lantai dan Dinding (Aladin)

Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi, Sumatera Utara, sejak tahun anggaran 2009 hingga 2012 telah merehabilitasi sebanyak 1.725 unit rumah warga tidak layak huni yang tersebar pada lima kecamatan di “kota lemang” itu.

Menurut Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tebing Tinggi Hasanuddin Siregar di Tebing Tinggi, Kamis (30/5), kebijakan merehabilitasi rumah tangga miskin (RTM) direalisasikan Pemkot setempat melalui Program Atap, Lantai dan Dinding (Aladin).
Program rehabilitasi rumah tidak layak huni akan dilanjutkan secara bertahap,” ujar dia. Disebutkannya, jumlah RTM yang direhabilitasi saat ini sudah mencapai 20 persen dari 8.292 unit RTM yang perlu direhabilitasi.

Tahun ini, kami akan merehabilitasi 75 unit lagi RTM. Pengerjaannya dilaksanakan dalam dua tahap, masing-masing tahap I sebanyak 45 unit dan tahap II 30 unit,” kata Hasanuddin.

Paket bantuan rehabilitasi RTM tahun ini dialokasikan sebesar Rp15 juta per unit, terdiri dari Rp12 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp3 juta upah kerja.

Sementara itu, Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat menghadiri sosialisasi bantuan Aladin di Tebing Tinggi, Selasa (28/5) mengatakan, pemberian bantuan Aladin merupakan program utama dalam mengentaskan kemiskinan di kota itu.

Kami juga telah menyampaikan rencana pemberian bantuan Aladin untuk 1.000 unit rumah tangga miskin kepada Menteri Perumahan Rakyat. Mudah-mudahan bantuan tersebut bisa segera direalisasikan,” ujar dia.

Diakuinya, bantuan rehabilitasi RTM sebesar Rp15 juta belum mencukupi untuk membiayai perbaikan total. “Bantuan itu hanya stimulus, agar warga kedepan mampu membangun rumah mereka melalui upaya mandiri,” tambahnya.(TNA)

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pemkot Tebing Tinggi Rehabilitasi Rumah Warga Miskin

  1. Berani Karena Benar says:

    Tetapi dari data pelaksanaan langsung ke penerima manfaat,masih banyak yang masih tidak tepat sasaran.Dan dana sebesar Rp.13.000.000.00,- yang diberikan berupa bahan bangunan,tidak sesuai sampainya ke penerima manfaat.

    • Terima kasih atas kunjungan dan infonya. Program Aladin itu memang sangat sensitif. Oleh karena itu, tata kelolanya harus baik. Kritikan yang disampaikan ini harus diterima secara terbuka, untuk kemudian dijadikan sebagai instrumen untuk perbaikan pelaksanaannya.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s