Pemko Tebing Tinggi perlu klarisikasi berita tentang “Kota Tebing Tinggi TERINDIKASI Kota Terkorup”

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mencatat lima kota di daerah TERINDIKASI terkorup belanja modal untuk fasilitas umum, yaitu: Kota Tebing Tinggi, Kota Ambon, Denpasar, Kota Bukit Tinggi, dan Kota Prabumulih. Baca pada link: waspada.co.id

Tapi sayangnya kesimpulan keterindikasian itu hanya didasarkan pada temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di semester II di tahun 2012. Hasil pemeriksaan BPK tidak cukup kuat untuk mendukung kesimpulan “Kota Tebing Tinggi TERINDIKASI kota terkorup”.

Mengapa? Karena Pemeriksaan BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tidak bertujuan untuk mengungkap tingkat korupsinya, tetapi menilai tingkat kewajaran informasi (keuangan) yang disajikan dalam laporan keuangan. Lihat juga link berikut ini: Apakah dengan Opini WTP berarti tidak ada korupsi?

Karena tidak bertujuan untuk menilai tingkat korupsinya, maka kriteria yang digunakan oleh BPK pun tidak secara langsung berkaitan dengan korupsi, yaitu menilai aspek:
1. kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan,
2. kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), yaitu: “kejujuran untuk / dalam menjelaskan”,
3. kepatuhan terhadap peraturan perundang–undangan, dan
4. efektivitas sistem pengendalian intern.

Dari uraian di atas, sangatlah baik bila Fitra melengkapi data dan informasi untuk mendukung kesimpulan keterindikasian itu. Seharusnya ada keterangan spesifik tentang bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi untuk tiap temuan.

Pihak Pemko Tebing Tinggi pun sangat perlu untuk memberikan klarifikasi terhadap kesimpulan di atas. Perlu keterbukaan untuk menginformasikan bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi untuk tiap temuan. Semuanya dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah di Kota Tebing Tinggi.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pemko Tebing Tinggi perlu klarisikasi berita tentang “Kota Tebing Tinggi TERINDIKASI Kota Terkorup”

  1. Eva Novarisma says:

    Jangan klarifikasi, panggil saja FITRa buat oress conference agar masyarakat tahu siapa yang menjadi biiang gosip. Kami dukung agar kota kita tidak masuk dalam rekor MURI

    • Setuju kepada Mbak Eva Novarisma

      Mari duduk bersama dengan kepala dingin. Samakan persepsi, samakan pengertian untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih objektif.

      Berita baik dan berita buruk harus menjadi cambuk bagi Kota Tebing Tinggi untuk MELESAT semakin berkinerja meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s