Pemkot Tebing Tinggi Kembangkan Perpustakaan Hingga Kelurahan

Sumber: antarasumut.com, 23 July 2013

Tebing Tinggi, 23/7 (Antarasumut) – Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, saat ini telah mengembangkan perpustakaan dan rumah baca hingga di 35 kelurahan guna meningkatkan minat baca warga di daerah itu.

“Sebagaimana pepatah mengatakan, perpustakaan adalah jendela dunia. Semoga kita menjadi masyarakat yang gemar membaca,” kata Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, di Tebing Tinggi, Selasa (22/7).

Perpustakaan Kota Tebing Tinggi

Perpustakaan Kota Tebing Tinggi

Ia menjelaskan, di Tebingg Tinggi saat ini telah dikembangkan perpustakaan di tiga kecamatan dan ditambah lagi rumah baca di 35 kelurahan.

Selain itu, hingga saat ini di kota itu banyak terdapat perpustakaan rumah ibadah, taman-taman bacaan, perpustakaan khusus dan keliling yang beroperasi setiap hari kerja di beberapa titik layanan kelurahan.

Dikatakannya, perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca saja, namun diupayakan perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai rekreasi bagi pembaca. Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi katanya, berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan perpustakaan di kota itu secara maksimal sehingga para pengunjung merasa nyaman.

Umar berharap program pengembangan perpustakaan bukan hanya sebatas pada perpustakaan umum Kota Tebing Tinggi semata, tetapi diupayakan pada seluruh perpustakaan kelurahan dikembangkan.

Sejalan dengan program pengembangan perpustakaan di Tebing Tinggi, ia menegaskan peran perpustakaan sekolah tidak kalah pentingnya, terutama sebagai pusat kegiatan belajar, pengembangan minat serta kebiasaan membaca bagi para pelajar.

Harapan serupa juga disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi kepada segenap jajaran pegawai di jajaran Pemkot setempat.

“Manfaatkan waktu luang untuk ke perpustakaan. Bagi instansi yang belum ada perpustakaannya agar menyediakan ruang baca atau perpustakaan mini,” tambahnya.

Khusus kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Tebing Tinggi, ia minta membenahi arsip dan perpustakaan di instansi masing-masing.

Hal itu, kata dia, mengingat begitu pentingnya peranan arsip dan dokumentasi dalam menjaga aset daerah. (rel/TNA)

Oleh T. Nico Adrian

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi and tagged . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s