Tahun 2014 , Tahun Inovasi Pelayanan Publik

Sumber: ekoprasojo.com

WAKIL Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, tahun 2014 sebagai Tahun Inovasi Pelayanan Publik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memfokuskan kebijakan dan implementasi yang terarah, mendalam, dan berkesinambungan dalam membangun inovasi pelayanan publik di lingkup kementerian dan lembaga.

Pemerintah daerah diharapkan akan mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi” kata Eko di acara peluncuran Kompetisi Unit Pelayanan Publik di lingkungan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, di kantor Kementerian PAN-RB, Rabu (18/12).

Tahun 2014: Tahun Inovasi Kebijakan Publik

Tahun 2014: Tahun Inovasi Kebijakan Publik

Deputi Bidang Pelayanan Publik Mirawati Sudjono mengatakan, untuk mendukung Tahun Inovasi Pelayanan Publik, Kementerian PAN-RB tengah melakukan kajian untuk merevisi Keputusan Menteri (Kepmen) PAN-RB terkait Pedoman Umum Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Dalam Kepmen yang lama terdapat 14 pedoman. “Namun, hemat kami, 14 pedoman tersebut mencampuri urusan internal penyelenggara pelayanan publik dan ekstarnal kepentingan masyarakat. Padahal, masyarakat tidak ingin tahu bagaimana pemerintah menyediakan fasilitas pelayanan publik. Yang mereka inginkan hanya terlayani dengan baik”, tuturnya.

Masyarakat, lanjut Mirawati, sesungguhnya hanya ingin pedoman yang dibuat pemerintah simpel dan tidak membuat pusing. Jadi, pedoman pelayanan publik mendatang diharapkan cukup lima poin saja. Pertama, persyaratan. Kedua, Prosedur atau mekanisme. Ketiga, tarif atau biaya yang dikenakan. Keempat, lamanya waktu pengurusan. Kelima, standar prosedur pelayanan.

Yang selama ini ada masih campur aduk. Urusan menyediakan sarana prasarana tidak perlu melibatkan masyarakat. Itu urusan penyelenggara pelayanan publik”, ucapnya lagi.

Mirawati berharap, partisipasi masyarakat akan pembenahan standar pelayanan publik di setiap institusi berjalan. Sehingga, penyelenggara pelayanan publik dapat terus meningkatkan pelayanan.

Pelayanan kepada masyarakat jangan dibuat susah, buat mudah, dan mereka akan menyenanginya jika melakukan hal itu”, ujarnya. (*)

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s