Hubungan antar Pengawasan Internal dan Profesionalisme Guru dengan Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi

Sumber: Ringkasan Tesis pada UNIMED
Masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan internal dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi, (2) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi dan (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan internal dan profesionalisme guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi.

Ilustrasi: SMP Negeri 1 Kota Tebing Tinggi

Ilustrasi: SMP Negeri 1 Kota Tebing Tinggi (Sumber gambar: smpnegeri1tebingtinggi.wordpress.com)


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan antara pengawasan internal dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi (2) untuk mengetahui hubungan antara profesionalisme guru dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi dan (3) untuk mengetahui hubungan antara pengawasan internal dan profesionalisme guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi.

Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi dengan jumlah 129 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Random Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 51 orang.

Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner Skala Likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa :

1. Terdapat hubungan yang positif antara pengawasan internal (X1) dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi (Y).

Besar koefisien korelasi sebesar r = 0,76 dimana besaran koefisien korelasi ini menunjukkan keduanya tergolong memiliki hubungan yang cukup kuat sedangkan sumbangan efektifnya mencapai 47%,

2. Terdapat hubungan yang positif antara profesionalisme guru (X2) dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi (Y).

Besar koefisien korelasi mencapai r = 0,613 yang tergolong memiliki hubungan yang cukup dan besar sumbangan efektif 23%, dan

3. Terdapat hubungan yang signifikan pengawasan internal (X1) dan profesionalisme guru (X2) secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP Negeri Kota Tebing Tinggi (Y).

Besar koefisien korelasinya mencapai 0,835. Nilai korelasi sebesar itu menunjukkan bahwa korelasinya tergolong sangat kuat, dan besarnya total sumbangan yang diberikan (ditunjukkan dengan besaran koefisien determinasinya) yang mencapai 70%, sementara sisanya berasal dan faktor lain diluar variabel penelitian ini.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s