Realisasi APBD Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran 2013 sebesar 99,59 Persen

Sumber, analisadaily.com, Kamis, 22 Mei 2014.

Walikota Tebingtinggi, UZ Hasibuan menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2013. “Anggaran pendapatan tahun anggaran 2013 sebesar Rp598,722 miliar mampu direalisasikan sebesar Rp596,249 miliar atau 99,59 persen. Sementara belanja yang direncanakan sebesar Rp651,071 miliar mampu direalisasikan sebesar Rp584,572 miliar atau 89,79 persen,” ungkap Walikota Tebingtinggi, UZ Hasibuan pada sidang paripurna DPRD dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2013 di ruang sidang DPRD Kota Tebingtinggi, Senin (19/5).

Sidang paripurna DPRD Kota Tebingtinggi dengan agenda penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2013, dipimpin Ketua DPRD Kota Tebingtinggi, Syahrial Malik, Wakil Ketua, Chairil Mukmin Tambunan dan Amril Harahap serta dihadiri unsur Muspida, para SKPD dan undangan lainnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan APBD TA 2013 Pemko Tebingtinggi melakukan beberapa pendekatan sesuai dengan program kegiatan, di antaranya, adanya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan serta adanya pertumbuhan ekonomi dalam mendorong sektor riil, revitalisasi pertanian, peningkatan kesejahteraan pegawai dan upaya pemantapan reformasi birokrasi dan hukum serta stabilitas politik keamanan di Kota Tebingtinggi.

Walikota menguraikan, pelaksanaan program dan kegiatan RPJMD tahun ketiga telah ditindaklanjuti pelaksana RKPD pada tahun 2013 lalu. Ini merupakan sinkronisasi perencanaan dan penganggaran yang diwujudkan melalui integrasi program, kegiatan pembangunan daerah hingga implementasi pembangunan daerah dapat berjalan secara optimal, terpadu dan berkesinambungan di Kota Tebingtinggi.

Dalam upaya rangka optimalisasi pencapaian sasaran pembangunan, pemerintah daerah telah merealisasikan program-program pemerintah pusat pada tahun anggaran 2013 dengan mempedomani pembagian urusan pemerintah dan pemerintah daerah yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah No. 38 Tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintah antara pemerintah, pemerintah daerah Provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Sebagai gambaran, kemampuan sumber dana yang dimiliki dalam APBD Kota Tebingtinggi tahun 2013 terhadap realisasi pendapatan daerah untuk setiap kelompok dan jenis penerimaan. Pendapatan hasli daerah yang ditergetkan Rp41,316 miliar mampu terealisasi Rp 53,199 miliar atau 128,76 persen, pendapatan itu meliputi pajak daerah target Rp9,560 miliar mampu terealisasi Rp14,314 miliar atau 149,73 persen.

Pendapatan dari retribusi daerah yang ditergetkan Rp5,706 miliar terealisasi Rp6,011 miliar atai 105,34 persen, sedangkan penerimaan retribusi daerah terbesar dari sector pelayanan kesehatan dari target Rp1,751 miliar mampu terealisasi Rp1,596 atau 91,18 persen yang diperoleh dari klaim Askes, Jamkesmas, Jamkesda dari Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi.

Selain itu, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan target Rp9,497 miliar mampu direalisasikan Rp9,497 miliar atau 100 persen berasal dari penerimaan pembagian deviden PT. Bank Sumut yang ditetapkan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank Sumut tahun buku 2012 lalu. (cha)

Advertisements

About swamandiri

Rusman R. Manik. Minat pada pengembangan local good governance. Selamat datang di SWAMANDIRI.wordpress.COM. Berbagi utk pengembangan local good governance.
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s