Identifikasi Sektor Basis dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi untuk Mendorong Pengembangan Wilayah Kota Tebing Tinggi

Oleh: Ade Indah Sari, Sumber: isjd.pdii.lipi.go.id
Pembangunan ekonomi membutuhkan sebuah perencanaan pembangunan yang baik, dan sebuah perencanaan yang baik membutuhkan analisis menyeluruh tentang sumber daya-sumber daya yang dimiliki suatu negara.

Kota Tebing Tinggi merupakan sebuah kota di Provinsi Sumatra Utara yang juga membutuhkan sebuah perencanaan pembangunan ekonomi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: apakah sektor industri merupakan sektor basis dalam perencanaan pembangunan ekonomi Kota Tebing Tinggi?; dan bagaimana peran sektor industri dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di Kota Tebing Tinggi?

Industri Makanan Khas Lemang Batok Tebing Tinggi

Industri Makanan Khas Lemang Batok Tebing Tinggi. Sumber gambar: http://www.sumutpos.co

Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah Kota Tebing Tinggi, yaitu sebagai masukan dalam membuat perencanaan pembangunan wilayah pada Kota Tebing Tinggi sehingga nantinya sektor basis ekonomi akan merupakan prioritas dalam perencanaan pembangunan tersebut.

Bagi masyarakat, sebagai tambahan informasi tentang identifikasi sektor basis ekonomi dalam mendorong pengembangan wilayah sebuah kota. Juga bagi peneliti lain, sebagai masukan yang berkaitan dengan penelitian identifikasi sektor basis ekonomi.

Alat analisis yang digunakan untuk melihat apakah sektor industri merupakan sektor basis adalah analisis LQ dengan menggunakan indikator pendapatan (PDRB) dan indikator tenaga kerja, dan untuk melihat peranan sektor industri terhadap peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja digunakan alat analisis surplus pendapatan dan tenaga kerja dan angka pengganda pendapatan dan tenaga kerja.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sektor industri besar/sedang bukan merupakan sektor basis dalam perencanaan pembangunan Kota Tebing Tinggi jika dilihat dengan menggunakan indikator pendapatan (PDRB), sedangkan jika menggunakan indikator tenaga kerja sektor industri besar/sedang merupakan sektor basis.

Sektor industri besar/sedang meberikan peranan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat pada daerah asal impor, dan memberikan peranan yang cukup besar pada penyerapan tenaga kerja Kota Tebing Tinggi.

Adapun saran peneliti diharapkan kepada Pemerlntah Kota Tebing Tinggi untuk memberikan perhatian yang lebih kepada pembangunan sektoral terutama sektor industri untuk mendorong pengembangan wilayah Kota Tebing Tinggi. Membina industri skala kecil dan menjalin hubungan dengan pihak lainnya untuk pengembangan industri kecil sehingga nantinya diharapkan industri skala kecil ini dapat menjadi industri skala besar/sedang.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Diskusi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s