Studi Pemilihan Lokasi TPA Sampah dengan Metode SIG di Kota Tebing Tinggi

Oleh: Putra Amantha Hasibuan, Ahmad Perwira Mulia Tarigan, dan Zaid Perdana Nasution, dari portalgaruda.org

Kota Tebing Tinggi membutuhkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang baru karena TPA yang lama sudah tidak layak pakai. Undang-Undang No. 18 tahun 2008 mengharuskan seluruh TPA sampah di Indonesia dikelola dengan basis sanitary landfill atau control landfill, sedangkan saat ini TPA sampah yang dimiliki Kota Tebing Tinggi masih dikelola dengan basis open dumping.

Selain itu pengelolaan TPA sampah dengan basis open dumping sering kali menimbulkan permasalahan, khususnya dalam hal pencemaran lingkungan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah studi untuk membantu menentukan lokasi TPA sampah yang layak menurut peraturan yang berlaku.

Beginikah Sampah di Kota Tebing Tinggi?

Beginikah Sampah di Kota Tebing Tinggi? Gambar dari: http://dnaberita.com/pengelolaan-sampah-sejalan-dengan-uu-lingkungan-hidup/


Studi pemilihan lokasi TPA sampah ini bertujuan: mencari daerah yang layak untuk dijadikan sebagai lokasi TPA sampah yang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah serta berdasarkan multi kriteria SNI No. 19-3241-1994.

Proses pemilihan lokasi TPA sampah ini sendiri terdiri dari tiga tahapan penyaringan yaitu: 1). tahap regional yang menghasilkan wilayah layak dan tidak layak pilih untuk lokasi TPA sampah; 2). tahap penyaringan penyisihan yang menentukan lokasi yang paling direkomendasikan; dan 3). tahap penetapan.

Ketiga tahapan tersebut dilakukan dengan metode sistem informasi geografis (SIG), dimana data-data spasial berupa peta-peta tematik dianalisa dengan menggunakan berbagai modul yang tersedia pada perangkat lunak SIG.

Pada studi ini dihasilkan lokasi yang paling direkomendasikan untuk dipilih menjadi lokasi TPA sampah:, yaitu berada pada koordinat 03° 19’32,3’’ LU dan 99° 10’53,6’’ BT pada ketinggian 41 m di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Padang Hilir.

Advertisements

About swamandiri

Rusman R. Manik. Minat pada pengembangan local good governance. Selamat datang di SWAMANDIRI.wordpress.COM. Berbagi utk pengembangan local good governance.
This entry was posted in Data, Diskusi and tagged , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s