Honor Guru Sekolah Minggu di Tebing Tinggi Tahun 2015 akan Ditampung di APBD

Sumber: http://hariansib.co/, Jumat, 16 Mei 2014

Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM berjanji akan menampung anggaran honor guru sekolah minggu pada APBD Tahun 2015. Dia juga mengapresiasi kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Sekolah Minggu. Sumber Gambar: catatansekolahminggu.blogspot.com

Sekolah Minggu. Sumber Gambar dari: catatansekolahminggu.blogspot.com

Hal itu disampaikan Umar Zunaidi Hasibuan, saat menerima audensi Pengurus BKAG dan GAMKI di rumah dinas Wali Kota Tebing Tinggi, Rabu (14/5) dalam rangka menyambut perayaan Paskah Oikumene yang akan diselenggarakan, Minggu (25/5) di Gor Mara Halim Kota setempat. Hadir diaudensi tersebut, Pengurus BKAG, Pengurs GAMKI dan Panitia Paskah Oikumene Tebing Tinggi.

Menurut Umar, usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya sebagai stimulans terhadap perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya.

“Hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi ketika anak berumur sekitar 18 tahun. Sehingga periode emas ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya hingga masa dewasa,”ujarnya.

“Untuk itu, saya sependapat dilakukan pembekalan-pembekalan agama oleh guru sekolah minggu terhadap anak usia dini, akan tetapi tidak ada alasan Pemerintah Kota (Pemko) untuk memberikan honor kepada guru-guru sekolah minggu kalau belum ada kualifikasi dan seleksi yang jelas, selain itu guru (pendidik) tentu harus memiliki sertifikat mengajar sesuai bidang yang diajarkannya.

“Untuk meningkatkan semangat guru untuk membekali anak-anak dalam bidang iman, honornya akan kita ajukan untuk ditampung di APBD Tahun 2015, namun saya meminta BKAG harus bekerja sama dengan Departemen Agama (Depag) membuat kualifikasi dan seleksi yang jelas terhadap guru yang menerima honor tersebut,” tegas Umar sembari menyarankan agar BKAG dan GAMKI beraudensi dengan DPRD .

Sebelumnya Ketua BKAG Tebing Tinggi Pdt Rittar Nababan STh, menyampaikan kepada Wali Kota bahwa upaya membentuk karakter generasi bangsa tidak semata-mata diterima dari pendidikan formal, tetapi juga banyak diperoleh dari pendidikan informal seperti sekolah minggu. Untuk itu dia memohon kepada Wali Kota agar Pemko juga memperhatikan kesejahteraan mereka.

Dihadapan Wali Kota, ia menyampaikan bahwa argumen yang ia sampaikan beralasan yang rasional dan tidak mengada-ada. “Hal itu jika diperhadapkan dengan Visi Wali Kota yakni “mewujudkan: masyarakat Tebing Tinggi Yang Beriman, Bertaqwa, Maju, Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dalam Kebhinnekaan,” ujar Pdt Rittar Nababan.

Terkait Apresiasi Wali Kota dan Kesediaannya menampung anggaran untuk honor guru sekolah minggu di Tahun 2015 ketua BKAG Pdt Rittar Nababan STH menyampaikan banyak terima kasih, pihaknya berjanji akan melakasankan saran-saran dari Wali Kota Tebing Tinggi. “ Bapak Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan memang benar-benar bapak semua umat yang dapat mengayomi seluruh masyarakatnya, kami ber doa semoga bapak itu panjang umur dan sehat-sehat selalu,”ujar Pdt Rittar Nababan. Hal senada juga disampaikan Ketua GAMKI Ogamota Hulu SH MH. (C16/c)

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Diskusi. Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s