DPRD Sumut: Dukung RASKIN diganti jadi e-Money

Sumber: http://waspada.co.id, Saturday, 17 January 2015 08:18 Seluruh elemen masyarakat layak mendukung rencana pemerintah untuk mengganti beras raskin menjadi “e-money” atau uang elektronik karena memberikan manfaat yang banyak. “Program itu layak didukung. Saya mengapresiasi program itu,” kata Ketua Komisi E Bidang Kesejahteraa Rakyat DPRD Sumut Efendi Panjaitan di Medan kemarin.

Ketua Komisi E DPRD Sumut Efendi Panjaitan. Sumber gambar: analisadaily.com

Ketua Komisi E DPRD Sumut Efendi Panjaitan. Gambar tidak terkait tulisan. Sumber gambar: analisadaily.com

Menurut Efendi, penerapan e-money dalam distribusi raskin untuk masyarakat miskin tersebut sangat bermanfaat karena meminimalisir potensi kecurangan. Selama ini, cukup banyak keluhan yang disampaikan masyarakat karena raskin tersebut sering tidak sampai pada kelompok yang berhak.

Indikasi kecurangan tersebut dapat dilihat dari perilaku sejumlah oknum aparatur pemerintahan, terutama di pedesaan yang menjualbelikan raskin tersebut. Selain itu, cukup banyak juga laporan yang disampaikan masyarakat jika jumlah raskin yang diterima sering berkurang atau tidak sesuai dengan jumlah yang ditentukan. “Kalau jatahnya 10 kg, setelah dibawa ke rumah, ternyata hanya 9,5 kg,” katanya. Kemudian, kata dia, program e-money tersebut juga dapat melatih masyarakat untuk mengenal bank sehingga mudah melatih diri untuk menabung. Dengan berbagai aturan yang ditetapkan, masyarakat juga dapat menyadari tentang manfaat kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu keluarga (KK) yang menjadi salah satu acuan dalam pendataan. Namun, sebelum merealisasikan program itu, pemerintah perlu melakukan pendataan dan verifikasi terhadap masyarakat miskin yang berhak menerima e-money tersebut. “Pemerintah bisa memanfaatkan peranan petugas kelurahan agar penerimanya tepat sasaran,” kata politisi PDI Perjuangan itu. Sebelumnya, pemerintah sendiri tengah berencana untuk menghapus program beras untuk keluarga berpendapatan rendah (raskin) dan digantikan dengan program bantuan uang elektronik secara langsung (e-money). Pemerintah menganggap, selama ini penyaluran raskin kerap menuai masalah atau rawan penyimpangan, bahkan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan bahwa program tersebut tidak tepat sasaran.

Advertisements

About swamandiri

Rusman R. Manik. Minat pada pengembangan local good governance. Selamat datang di SWAMANDIRI.wordpress.COM. Berbagi utk pengembangan local good governance.
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s