Analisis Perubahan Penggunaan Lahan di Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi Tahun 2007-2012

Oleh: Sari,Sisriani Fitria Mandala, digilib.unimed.ac.id

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Padang Hilir tahun 2007-2012, 2. faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Padang Hilir dari tahun 2007-2012, dan 3. dampak perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Padang Hilir sejak tahun 2007-2012.

Alih Lahan di Kecamatan Padang Hilir

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Padang Hilir, 2014. Populasi dalam penelitian ini seluruh lahan yang ada di Kecamatan Padang Hilir dengan luas 11.441 Ha, mengingat jumlah yang terbatas maka populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dan teknik komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Padang Hilir tahun 2007-2012 adalah perubahan lahan pertanian berkurang seluas 1913,3 Ha dan luas lahan perkebunan rakyat berkurang seluas 912,2 Ha. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Padang Hilir tahun 2007-2012 dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kondisi sosial. Luas lahan dan jenis tanah yang mendukung perubahan lahan menjadi permukiman. Kepadatan penduduk dan jumlah penduduk yang meningkat terhadap kebutuhan hidup mereka sehingga mendukung perubahan penggunaan lahan. (3) Dampak positif akan membantu perkembangan wilayah dan membantu kemajuan daerah tersebut. Sedangkan dampak negatif yaitu kurangnya lahan hijau dan menurunnya kualitas lingkungan yang akan mempengaruhi daya dukung lingkungan terhadap mahluk hidup, naiknya suhu di udara.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Data, Diskusi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s