Indeks Pembangunan Manusia Kota Tebing Tinggi Tahun 2013

Menurut UNDP, definisi pembangunan manusia adalah sebagai suatu proses untuk memperluas pilihan-pilihan bagi penduduk. Penduduk ditempatkan sebagai tujuan akhir sedangkan upaya pembangunan dipandang sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Untuk menjamin tercapainya tujuan pembangunan manusia, empat hal pokok yang perlu diperhatikan adalah produktivitas, pemerataan, kesinambungan, pemberdayaan.

IPM Kota Tebing Tinggi pada tahun 2013 sebesar 77,96 dengan demikian status pembangunan manusia Kota Tebing Tinggi berada pada golongan menengah dengan nilai IPM antara 50 sampai 80. Bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Sumatera Utara, IPM Kota Tebing Tinggi tahun 2013 ini berada pada urutan ketiga. Pencapaian ini merupakan suatu hal yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Kota Tebing Tinggi.

Melalui pencapaian ini diharapkan menjadi dorongan dan dukungan bagi Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk secara terus-menerus dan berkesinambungan berupaya meningkatkan kesejateraan masyarakat Kota Tebing Tinggi.

IPM Kota Tebing Tinggi 2013
Perkembangan IPM Kota Tebing Tinggi

Angka Harapan Hidup
Angka Harapan Hidup Kota Tebing Tinggi dari tahun ke tahun mengalamai peningkatan. Berdasarkan data tahun 2012 Angka Harapan Hidup Kota Tebing Tinggi tercatat 71,60 tahun dan meningkat pada tahun 2013 menjadi 71,68 tahun.

Angka Harapan Hidup

Angka Melek Huruf
Berdasarkan data Susenas Tahun 2013 menunjukkan bahwa Angka Melek Huruf penduduk dewasa Kota Tebing Tinggi cenderung stabil. Pada tahun 2012 Angka Melek Huruf Kota Tebing Tinggi sebesar 98,78 persen dan meningkat menjadi 99,54 persen pada tahun 2013.

Bila dibandingkan dengan Provinsi Sumatera Utara secara umum dapat dikatakan bahwa tingkat pendidikan Kota Tebing Tinggi sudah lebih tinggi. Hal ini berdasarkan data Susenas tahun 2013, Angka Melek Huruf Provinsi Sumatera Utara tercatat sebesar 97,84 persen sedangkan Angka Melek Huruf Kota Tebing Tinggi mencapai 99,54 persen persen. Bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lain, Angka Melek Huruf Kota Tebing Tinggi berada pada urutan keenam.

Angka Melek HurufRata-rata Lama Sekolah
Rata-rata Lama Sekola Kota Tebing Tinggi tahun 2013 adalah 10,14 tahun. Rata-rata Lama Sekolah ini lebih lama bila dibandingkan dengan Rata-rata Lama Sekolah Provinsi Sumatera Utara yang mencapai 9,13 tahun. Bila dibandingkan dengan kabupate/kota lain, Rata-rata Lama Sekolah Kota Tebing Tinggi berada pada urutan ketiga tertinggi.

Rerata Lama Sekolah

Pengeluaran Riil Per Kapita yang Disesuaikan
Pengeluaran riil per kapita yang disesuaikan Kota Tebing Tinggi mengalami peningkatan dari 646,89 ribu rupiah tahun 2012 menjadi 650,73 ribu rupiah pada tahun 2013. Pengeluaran riil per kapita yang disesuaikan Kota Tebing Tinggi tahun 2013 lebih tinggi dibandingkan dengan Provinsi Sumatera Utara yang mencapai 646,83 ribu rupiah. Bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lain, pengeluaran riil per kapita yang disesuaikan Kota Tebing Tinggi berada pada urutan ketiga yang tertinggi.

Pengeluaran Per Kapita

Download: Indeks Pembangunan Manusia Kota Tebing Tinggi Tahun 2013.

Advertisements

About swamandiri

Rusman R. Manik. Minat pada pengembangan local good governance. Selamat datang di SWAMANDIRI.wordpress.COM. Berbagi utk pengembangan local good governance.
This entry was posted in Berita, Data, Diskusi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s