A Community Coping Mechanism For Reducing Flood Disasters, A Case Study In Tebing Tinggi City, Indonesia

Oleh: Muhammad Hamdani

Banjir telah menjadi masalah serius di Kota Tebing Tinggi. Orang-orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap banjir dan telah mengembangkan upaya yang berbeda untuk mengatasi dampak (akibat) yang ditimbulkan setelah banjir.

Foto Kejadian Banjir

Penelitian ini mengeksplorasi mekanisme coping yang dilakukan oleh masyarakat. Ada 76 rumah tangga yang diwawancarai menggunakan kuesioner. Tujuan dari penelitian ini meliputi : 1) mengidentifikasi dampak banjir di wilayah studi; 2) mengidentifikasi mekanisme coping yang dilakukan oleh masyarakat dalam mengurangi resiko banjir; dan 3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan mekanisme coping oleh masyarakat. Kelurahan Bandar Utama dan Badak Bejuang dipilih sebagai lokasi studi. Lokasi ini sangat rentan terhadap banjir karena letaknya yang berada di tepi sungai. Untuk menganalisis coping masyarakat, survey kuesioner didistribusikan di wilayah studi. Mekanisme coping masyarakat dianalisis menggunakan analisis crosstab.

Hasil analisis ini mengungkapkan tiga mekanisme coping yang dilakukan oleh masyarakat di lokasi studi untuk mengatasi efek negatif dari banjir yaitu : 1). ekonomi, 2). sosial, dan 3). teknologi/struktural. Aspek Ekonomi mengacu pada pendapatan masyarakat, aspek sosial mengacu pada hubungan sosial dan kerja sama, sedangkan aspek teknologi/struktural mengacu pada bagaimana masyarakat di daerah studi membangun rumah mereka.

Aspek struktural menjadi mekanisme coping yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat di area studi. Masyarakat membangun lantai pertama rumah mereka lebih tinggi berdasarkan pengalaman banjir yang mereka alami untuk mengurangi kerusakan property yang ada di dalam rumah Sedangkan mekanisme coping secara ekonomi dan sosial masih sangat lemah di kalangan masyarakat di area studi.

Advertisements

About kotatebingtinggi

Ini hanyalah weblog TIDAK RESMI dari Kota Tebing Tinggi. Terima kasih atas fasilitas dari WORDPRESS.COM. Weblog ini dikelola oleh: https://www.facebook.com/rusmanik
This entry was posted in Berita, Data, Info and tagged , , . Bookmark the permalink.

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s