Tokoh dari Kota Tebing Tinggi

Siapa sajakah tokoh nasional yang pernah tinggal di Kota Tebing Tinggi? Wahai putra dan putri Kota Tebing Tinggi! Mari mencapai cita-cita supaya dapat menjadi tauladan bagi semua.

Soekarno M. Noer

Soekarno_M_Noer

Soekarno M. Noer

Soekarno M. Noer lahir dari pasangan Mohammad Noer dan Janimah asal Bonjol, Sumatera Barat. Ketika usia dua tahun, dia menjadi anak yatim. Setelah wafatnya ayah, bersama ibu dan adiknya Soekarno pulang kampung ke Bonjol terus berpindah ke Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Karier
Selama kariernya ia telah membintangi lebih dari 68 judul film sebagai pemeran utama, sekitar 30 judul film sebagai pemeran figuran, dan 20 judul drama. Pria Minangkabau ini tiga kali terpilih sebagai Aktor Terbaik dalam Festival Film Indonesia (Piala Citra), masing-masing dalam film Anakku Sajang (1960), Dibalik Tjahaja Gemerlapan (1967), dan Kemelut Hidup (1979).

Dari pernikahannya dengan Lily Istiarti, ia memperoleh enam orang anak yang beberapa di antaranya mengikuti jejaknya sebagai aktor, termasuk Tino Karno, Rano Karno, dan Suti Karno. Selain itu juga diikuti oleh adiknya Ismet M. Noer yang juga menjadi aktor di tahun 1970an.

Tino Sidin

Tino Sidin

Tino Sidin

Tino Sidin (lahir di Tebingtinggi, Sumatera Utara, 25 November 1925 – meninggal di Jakarta, 29 Desember 1995 pada umur 70 tahun) adalah seorang pelukis dan guru gambar yang terkenal dengan acaranya di stasiun TVRI era 80-an, yaitu Gemar Menggambar.

Dalam acara ini “Pak Tino” mengajar anak-anak bahwa menggambar itu mudah, dan merupakan perpaduan dari garis-garis lurus dan garis-garis lengkung. Pada akhir setiap acara ia menunjukkan gambar-gambar yang dikirim oleh pemirsanya dan kemudian menambahkan komentar yang sangat dikenal, “Bagus!”

Berikut ini contoh buku petunjuk gemar menggambar ala Pak Tino Sidin.

Tino Sidin: Gemar Menggambar

Tino Sidin: Gemar Menggambar

Taufik Lubis

Taufik Lubis, Kiper PSKTS dan PSMS

Taufik Lubis, Kiper PSKTS dan PSMS

Taufik Lubis adalah mantan kiper PSKTS dan PSMS era 70-an. Taufik Ismail adalah abang (kakak) dari Ansyari Lubis yang juga pesepak bola nasional. Taufik Ismail meninggal pada Minggu tanggal 23-12-2012 pada usia 57 tahun. Kelebihan Taufik Lubis di bawah mistar adalah instinknya yang tajam dan mampu membaca arah bola yang dibawa lawan,disamping tinggi badannya mencapai 180 cm.

Taufik Lubis adalah satu dari putera Kota Tebing Tinggi yang mampu mengharumkan nama kota itu. Kini beliau sudah pergi dengan kenangan yang masih tersisa tentang kiprahnya mengharumkan nama kota. Sayangnya hingga kini, belum terlihat bibit-bibit pemain kota Tebing Tinggi yang bisa menyamai sosok satu ini. Warga kota selalu berharap ada penggantinya, tapi entah sampai kapan bisa terpenuhi. Selamat jalan Bang Taufik Lubis, sepak bola kota Lemang akan selalu mengingat Anda.

Ansyari Lubis

Ansyari_Lubis

Ansyari Lubis

Ansyari Lubis (lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 28 Juli 1970; umur 42 tahun), yang akrab disapa dengan sebutan “Uwak”, adalah mantan pemain sepak bola nasional senior Indonesia.

Karier
• Medan Jaya (1990-1994)
• Persis Solo(1994-1995)(Pinjam)
• Pelita Jaya(1995-1997)
• PSDS Deli Serdang(1997-2003)
• Tim nasional sepak bola Indonesia(1990-2003)

Trivia
Ansyari Lubis pernah menjadi pesepak bola nasional dengan transfer termahal di Indonesia (sebesar Rp 25.000.000,00) saat pindah dari klub Medan Jaya ke Pelita Jaya Jakarta.

Sumber: wikipedia.org

5 Responses to Tokoh dari Kota Tebing Tinggi

  1. Eva Novarisma says:

    Mohon didata putra -putri daerah yang sedang menjabat di kota lain di Indonesia yang berasal dari tebing tinggi sehingga pendekatan personal membuat para perantau bisa menanamkan modalnya ke tebingtinggi

    • Siap Kak Eva. Kita juga sedang mencari beliau-beliau yg pernah tinggal di Kota Lemang Tercinta! Sangat mungkin untuk dijadikan sebagai KADER INVESTASI untuk percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Tebing Tinggi.

      Kalau Kakak punya data atau informasi tentang mereka, mohon diketikkan di form komentar ya. 😉

      Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Salam Sukses …!

  2. tino sidin, kumaha bro. tolong dimasukkan lah. ini referensi nya http://id.wikipedia.org/wiki/Tino_Sidin

Mohon masukan dan kritikan konstruktif. Terimakasih

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s